Soal Sampah di Garut, Ceng Hilman Sarankan Harus Dikelola Supaya Berdaya Guna, Jangan Semua Dibuang ke TPA

- 4 April 2024, 04:30 WIB
Warga tengah melakukan proses pemilahan sampah di TPA Pasir Bajing Kabupaten Garut.
Warga tengah melakukan proses pemilahan sampah di TPA Pasir Bajing Kabupaten Garut. /Dede Oren/Prianganinsider.com/dok/

PRIANGANINSIDER - Ceng Hilman Umar Bashori, salah satu tokoh Garut yang akan mencalonkan bupati , memberikan saran dalam hal pengelolaan sampah di Kabupaten Garut.

Ceng Hilman menyayangkan jika sampah selama ini hanya diangkut begitu saja ke tempat pembuangan akhir (TPA) Pasirbanjing.

Semestinya kata Ceng Hilman, sampah itu tidak semua harus diangkut ke TPA, melainkan bisa didaur ulang sebagiannya sehingga berdaya guna. Hal itu juga sebagai upaya agar volume sampah yang dibuang ke TPA tidak membludak.

Baca Juga: Ceng Hilman, Sosok Kiai Muda Kharismatik Pilih PDIP Maju di Pilkada Garut 2024

Menurutnya, sampah itu bisa dikelola sehingga lebih berdaya guna atau bernilai ekonomis. Caranya adalah dengan memadukan teknologi yang sudah canggih di masa sekarang ini.

" Ya sayamendapatkan laporan dari teman-teman dan saya juga melihat fakta-fakta banyak sekali pencemaran lingkungan dari pembuangan sampah oleh masyarakat. Nah ini kan seharusnya pemerintah bisa memfasilitasi tidak hanya kemudian sampai di TPA, tapi bagaimana sampah ini bisa berdaya guna dan itu kan ada beberapa teknologi yang bisa digunakan," ujarnya belum lama ini ketika diwawancarai di RM 33 Jalan Patriot.

Untuk sampah organi misalnya, bisa saja sebetulnya diolah menjadi pupuk, dan ini akan sangat berguna bagi masyarakat.

Baca Juga: Melanjutkan Debat di Darat, Ceng Hilman Kritisi Kinerja Pemkab Garut dan SKPD-nya

" Bisa berhasil menjadi pupuk bisa didaur ulang kembali, jadi kan ada nilai ekonominya kembali. Nah inilah yang kemudian tidak ada kejelasan oleh pemerintah., tiba-tiba hanya dikirm ke TPA disiapkan kendaraan untuk mengirim ke TPA kan itu yang jadi permasalahan," katanya lagi.

Halaman:

Editor: Feri C


Tags

Terkait

Terkini

x